Tetap Liburan meski Harga Tiket Pesawat Naik

Hasil gambar untuk site:blibli.com pesawat

Akibat dari penguatan dolar AS, tapi harga tiket pesawat kelas ekonomi pun kena dampaknya. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa kenaikan dari tarif batas bawah tiket pesawat untuk penetbangan domestik tang semula 5% naik jadi 35% dari tarif batas atas. Hal inilah yang membuat harga tiket jadi lebih mahal. Kebijakan ini pun memiliki memberi dampak untung dan ruginya sendiri. Di satu sisi membuat pihak maskapai diuntungkan karena bisa membantu mengurangi beban operasional, tapi di sisi yang lain justru menyusahkan masyarakat karena kini masyarakat sangat sering menggunakan pesawat sebagai alat transportasi. Jika hal ini terjadi, khawatirnya hal ini justru akan membuat jumlah penumpang domestik berkurang yang bisa berpengaruh ke maskapai dan industri pariwisata nasional. Untuk perhitungan kasarnya, jika tarif batas atas penerbangan untuk rute Jakarta-Surabaya adalah Rp 1,3 juta, maka batas harga tiket termurah yang diperbolehkan pemerintah adalah sebesar Rp 455 ribu. Dimana sebelumnya batas bawah tarif tiket pesawat adalah 30%, yang kalau dihitung berdasarkan tarif batas atas rute tersebut, ini berarti tarif bawahnya adalah Rp 390 ribu yang membuat harganya jauh lebih mahal. Namun itu hanya perhitungan tarif batas bawahnya saja. Biasanya maskapai penerbangan menang memasang tarif tersebut saat musim sepi penumpang. Sedangkan untuk jadwal penerbangan saat high season atau hari libur, harga tiket akan tetap tinggi.

Kamu yang hobinya berpergian keliling did alam maupun luar negeri jangan dulu panik dan membatalkan rencana liburan kamu. Karena seperti pepatah mengatakan bahwa banyak jalan menuju Roma. Kamu harusnya mencari cara supaya bisa dapat harga tiket pesawat yang murah, sehingga kamu bisa tetap traveling dengan hemat. Apa saja tipsnya? Yuk disimak. Pertama kali yang harus diperhatikan adalah memilih waktu keberangkatan. Kamu tahu sendiri kan hukum ekonomi dimana semakin tinggi permintaan maka harga akan semakib mahal. Hindarilah high season, weekend atau musim dimana orang-orang sibuk melakukan perjalanan udara. Sebagai bocoran, harga tiket pesawat bisa lebih murah di hari Selasa jika dibandingkan di hari Senin. Karena awal pekan biasanya adalah waktunya para pebisnis melakukan perjalanan bisnis mereka. Di samping itu, janganlah memilih jam terbang saat jam sibuk misalnya pagi menjelang siang sampai malam hari, hal ini supaya kamu bisa mendapat harga yang lebih hemat. Harga tiket pesawat yang murah biasanya dijual saat subuh atau penerbangan pertama di pagi hari dan penerbangan terakhir di malam hari. Selain itu, rute juga bisa mempengaruhi harga. Untuk destinasi tempat-tempat populer biasanya harganya juga tinggi. Namun jika kamu memilih destinasi atau tempat tujuan yang lagi promo, kamu bisa lebih menghemat. Setelah itu kamu juga sebaiknya memiliki kartu member maskapai, karena ini bisa menguntungkan kamu. Pihak maskapai sering menawarkan berbagai promo menarik dan program-program tertentu dengan tujuan agar para pelanggannya loyal, selain itu bisa membuat pelanggannya hemat. Salah satunya adalah dengan program reward poin. Karena makin sering kamu melakukan penerbangan dengan maskapai tertentu dan semakin jauh jarak terbangnya, maka semakin banyak pula poin yang bisa kamu dapatkan. Poin-poin ini pun akan terakumulasi dan nantinya bisa ditukar dengan bonus-bonus, bahkan bisa sampai terbang gratisan.

Kini, memesan tiket pesawat secaa online juga dapat lebih pengeluaran pembelian tiket karena kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat dengan lebih murah. Karena di penjualan tiket secara online biasa diadakan promo dan diskon. Kamu bisa membeli tiket pesawat di blibli.com salah satunya yang jual harga tiket pesawat. Yuk rencanakan liburan sekarang juga, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *