Tips Jitu Atur Keuangan Agar Tak Kelabakan Saat Tanggal Tua

Tanggal tua memang sudah jadi momok paling mencemaskan dalam siklus penghasilan. Banyak orang yang cukup kelabakan saat tanggal tua karena nggak bisa mengatur penghasilan dengan baik. Ujung-ujungnya, berbagai cara ditempuh untuk bisa hidup penuhi kebutuhan hingga gajian tiba, salah satunya dengan berutang.

Banyak faktor yang membuat orang kesulitan mengatur keuangan mulai dari kurangnya edukasi finansial, nggak punya rencana jangka panjang, hingga sulit menahan godaan aneka promosi dari merchant online seperti voucher, cashback, hingga kredit tanpa kartu kredit.

Maka, supaya bulan depan nggak lagi kelabakan lagi di tanggal tua, sebaiknya atur segera keuanganmu dengan cara berikut ini.

  1. Membuat anggaran keuangan bulanan

Sebelum waktu gajian tiba, sebaiknya buat dulu anggaran keuangan untuk bulan depan. Jadi saat gajian, kamu sudah tahu ke pos-pos pengeluaran mana uangmu akan dialokasikan. Beberapa pakar finansial menyarankan untuk menerapkan formula 50-30-20 dalam anggaran bulanan. 50% untuk anggaran kebutuhan primer yang sifatnya wajib seperti makan, transportasi, sewa tempat tinggal, listrik, dan air. 30% untuk anggaran kebutuhan hiburan pribadi seperti liburan. 20% adalah anggaran untuk investasi, tabungan, dan bayar cicilan. Masukkan juga aneka biaya tak terduga dalam anggaran keuanganmu misalnya kondangan atau kebutuhan darurat.

  1. Patuhi anggaran keuangan yang sudah dibuat

Kalau sudah buat anggaran keuangan, maka sebisa mungkin jangan sampai melanggar susunan alokasinya. Sekali dilanggar, maka pengeluaran akan kacau dan jadi kebiasaan buruk nantinya. Apalagi jika kamu tidak punya penghasilan tambahan lain di luar penghasilan utama.

  1. Gunakan kartu kredit dengan bijak

Jika menerapkan formula 50-30-20, kamu harus ingat bahwa batas untuk bayar cicilan atau utang per bulan hanya kurang dari 20% total penghasilan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak agar penghasilanmu nanti nggak habis hanya untuk tutup utang dan bunga kartu kredit saja.

Gimana kalau belum punya kartu kredit tapi ingin beli barang dengan cara kredit? Gampang! Manfaatkan saja fasilitas kredit online tanpa kredit dengan Kredivo yang tersedia di lebih dari 150 merchant online, seperti Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, Shopee, dan JD.id.

Dibanding kartu kredit, belanja dengan kredit tanpa kartu kredit juga lebih untung dan bisa hemat. Sebab, kamu nggak perlu bayar biaya tahunan, biaya admin, atau pun biaya lainnya. Proses pengajuannya pun nggak berbelit-belit seperti kartu kredit. Kamu nggak perlu mengirim berbagai berkas atau melalui proses survei yang memakan waktu hingga berbulan-bulan, karena semua proses pengajuannya dilakukan secara online dan proses approval-nya pun hanya butuh waktu maksimal 1 x 24 jam.

Dengan Kredivo, kamu tidak akan dikenakan bunga sama sekali jika memilih opsi bayar tunai dalam 30 hari, dan hanya dikenakan suku bunga rendah 2,95% jika memilih opsi cicilan. Tentunya ada biaya denda jika kamu telat dalam melakukan pembayaran yaitu sebesar 3%. Namun yang pasti, kredit tanpa kartu kredit di Kredivo tidak memerlukan dp dan biaya tambahan lain. Pilihan tenornya juga variatif, yaitu 3, 6, dan 12 bulan.

  1. Jangan tunda bayar utang dan angsuran

Kalau masih punya cicilan atau utang yang harus dibayar, maka usahakan untuk bayar tepat waktu. Jangan menunda-nunda, sebab makin ditunda, makin besar biaya denda yang harus kamu bayar nantinya. Apabila jumlahnya terlalu banyak, kamu bisa kurangi slot 30% dari anggaran hiburan yang kamu punya. Makin cepat lunas utangmu, tentu makin baik dan hidup jadi tenang.

  1. Jangan lupa untuk menabung dan investasi

Hal yang paling sering dilupakan orang dalam mengatur keuangan adalah tabungan dan investasi. Padahal, kamu bisa dapat keuntungan lebih dari menabung dan melakukan investasi. Untuk pemula, 20% anggaran untuk tabungan dan investasi bisa kamu alokasikan sebagian di reksa dana. Jika tertarik menabung, kamu bisa memulainya dengan deposito. Sebaiknya, usahakan menabung di awal bulan, saat baru terima gaji, jangan hanya dari sisa-sisa gaji saja.

  1. Sering masak, kurangi jajan

Jajan makanan di luar memang lebih praktis dan cepat, tapi juga pemborosan. Untuk mengatasi ini, kamu bisa coba lebih sering masak dan bawa bekal daripada beli makan di luar. Ini dipercaya bisa menghemat pengeluaran kamu hingga lebih dari 40%.
Kalau nggak punya waktu untuk masak, maka cobalah untuk pesan katering bulanan yang murah. Dengan Kredivo, kamu bisa bayar katering makanan dengan cara kredit tanpa kartu kredit, lho. Pesan sekarang dan bayar nanti 30 hari kemudian saat gajian dengan tanpa bunga alias 0%. Beberapa merchant online di bidang kuliner yang telah bermitra dengan Kredivo adalah Berrykitchen, Foodish Market, dan Kedai Ku Ka. Klik di sini untuk berkunjung ke situs Kredivo. Kamu juga bisa download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store.

  1. Cari dan manfaatkan promosi

Selain bikin boros, promosi yang ditawarkan merchant online atau offline juga bisa bawa keuntungan kalau kamu cerdas dalam memilihnya. Misalnya saat berkunjung ke supermarket, promo beli 1 gratis 1 untuk makanan tertentu bisa kamu andalkan untuk menghemat pengeluaran. Dengan catatan, makanan tersebut tahan lama dan tidak cepat basi sehingga bisa dikonsumsi dalam jeda waktu yang berbeda.

Kamu juga bisa manfaatkan promo diskon hingga Rp 50 ribu untuk transaksi pertama kredit tanpa kartu kredit dengan Kredivo di berbagai merchant online. Semua data pribadi dan transaksi kamu juga sangat dijamin keamanannya. Jadi, nggak perlu khawatir! Kredivo juga bisa memberikan plafon kredit maksimal hingga Rp 20 juta.

  1. Kurangi hiburan yang butuh biaya banyak

Mengeluarkan uang untuk aktivitas hiburan seperti nonton ke bioskop, makan di restoran, ngopi di kafe, tentu nggak masalah selama masih sesuai dengan bujet anggaran pengeluaran. Agar tenang di tanggal tua, kamu juga bisa menghemat bujet yang satu ini. Gimana caranya? Kalau senang nonton ke bioskop, maka sekali-kali kamu bisa ganti dengan beli DVD lalu nonton di rumah. Dengan begitu, kamu sudah hemat uang untuk tiket film, uang untuk cemilan, dan uang transport.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *